Selasa, 12 April 2016

KUTILAS

ARTIKEL KURIKULUM 2013



pengertian kurikulum
kurikulum adalah seperangkat rencana
dan pengaturan mengenai tujuan,isi,bahan ajar dan cara pembelajaran sebagai pedoman untuk menyelenggarakan pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran tertentu(UUD,20:2003,1:9).
Kurikulum berasal dari bahasa latin yaitu currere yang berarti lintasan pacuan kuda.
yang berarti kurikulum adalah lintasan yang akan ditempuh pendidik untuk mencapai tujuan pendidikan.
kurikulum juga dapat diartikan sebagai produk dari sejarah, keadaan sosial masyarakat di masa itu memicu terbentuknya kurikulum yang adaptif terhadap kondisi sosial di masa itu, seperti halnya kuri kulum tahun 1996 tidak dapat epenuhnya dipakai pada pola pendidikan di tahun 2013, karena kondisi masyarakat yang berbeda, ditahun 2013 dimana memasuki fase kemajuan teknologi guru ditntut untuk menguasai iptek dan beradaptasi dengan kemajuan teknologi,berbeda halnya pada tahun 1996 yang masih menggunakan metode pembelajaran konfensional yaitu metode ceramah,dan hanya sedikit media yang dapat dipadukan dalam proses pembelajaran.

kurikulum20013
kurikulum 2013 dirancang untuk menyempurnakan KBK dan KTSP, kurikulum ini di rancang pada masa jabatan M.Nuh sebagai Mentri pendidikan RI.
dalam kurikulum 2013 ini guru di ibaratkan sebagai ujung tombak pendidikan di Indonesia, karena guru yang menentukan sukses tidaknya implementasi kurikulum ini,guru dituntut untuk inovatif dan kreatif dalam mendidik karena ketidak terbatasan informasi yang bisa didapatkan oleh peserta didik memungkinkan bahwa peserta didik lebih pintar secara teori dibanding dengan pendidik.
tuntutan global tersebut membuat guru saling berlomba-lomba untuk meningkatkan kapasitas diri mereka,maka dari itu pemerintah memberikan setidaknya ada 4 kompetensi yang harus dikuasai guru pada implementasi kurikulum 2013 ini kompetensi tersebut meliputi kompetensi pedagogik,kepribadian,profesional,dan sosial(PM,16:2007).

perubahan paradigma
bergantinya kurikulum juga berdampak pada perubahan paradigma pendidikan di  Indonesia.
paradigma adalah pandangan umum terhadap sesuatu,perubahan -perubahan tersebut meliputi:
1. dari pendidikan berbasis teacher center menjadi pendidikan berbasis student center.
2. dari pola pendidikan individual menjadi kerja kelompok.
3. dari pola komunikasi satu arah menjadi komunikasi dua arah.
4. dari pendidikan terminal menjadi pendidikan sepanjang hayat.
5. dari pasif menjadi aktif

Tidak ada komentar:

Posting Komentar